RSS

HUBUNGAN YANG SALING MEMBUTUHKAN ANTARA HUKUM INTERNSIONAL DAN HUKUM NASIONAL

12 Nov

Hubungan antara hukum internsional dan hukum nasional memang diperlukan bagi Negara-negar yang diharapkan dapat saling menguntungkan. Oleh karena itu diantara Negara- Negara dapat dikatkan pula bahwa hubungan itu saling membutuhkan.Yang dimaksud di sini adalah bahwa hukum nasional membutuhkan keberadaan hukum internasional atau hukum internasional memiliki fungsi-fungsi yang penting bagi penerapan hukum nasional .Sebaliknya hukum internasional juga membutuhkan hukum nasional atau hukum nasional memiliki fungsi-fungsi yang juga tidak kalah pentingnya bagi penerapan hukum internasional.

Beberapa penerapan dan fungsi yang dapat dimainkan oleh hukum internsional dalam menunjang penerapan hukum nasional antara lain :

Pertama, Hukum internsional berfungsi menjembatani penerapan hukum nasional Negara-negara.Misalnya, putusan pengadilan suatu Negara yang berkenaan dengan obyek perkara yang sebagian terletak di wilayahnya Negara lain, atau harta warisananya, ternyata ada sebagian terletak di wilayah Negara lain, atau barang buktu dalam suatu perkara ternyata ada di Negara lain, sehingga tidak begitu mudah untuk diajukan ke hadapan hakim yang sedang mengadili perkara yang bersangkutan.Untuk mengatasi hal ini yang sewaktu-waktu bisa muncul, maka antara dua Negara atau lebih dapat mengadakan perjanjian internsional.

Kedua, Hukum internasional dibutuhakan oleh hukum nasional supaya para subyek hukum nasional dari dua Negara atau lebih dapat mengadakan hubungan hukum (perdata) internsional.Jadi, hukum internsional berfungsi sebagao landasan bagi hubungan hukum (perdata ) internsional.Contoh misalnya, perjanjian ekstradisi bilateral sangat penting artinya sebagai dasar untuk meminta penyerahan bagi para pihak untuk dapat mengadili dan atau menghukum pelaku tindak pidana yang melarikan diri ke wilayah salah satu pihak.

Ketiga, hukum internsonal dibutuhkan oleh hukum nasional sebab dapat berfungsi sebagai sarana untuk mengharmoniskan pelbagai hukum nasional Negara-negara mengenai suatu masalah tertentu.Dengan harmonisasi ini yang dapat dituangkan dalam bentuk perjanjian internasional, perbedaan anatara masing-masing hukum nasional masih tetap diakuai. Misalnya, Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN, sedangkan berusaha mewujudkan harmonisasi hukum nasional dan Negara-negara anggotanya dalam bidang-bidang tertentu seperti tentang badan hukum. Adaiakan hal ini tercapai, sepatutnyalah dirumuskan dalam bentuk perjanjian internasional.

Keempat, hukum internsional dibutuhkan oleh hukum nasional, sebab hukum internsional dapat menjadi masukan bagi hukum nasional berkenaan dengan suatu masalah yang pengaturannya terlebih dahulu muncul di dalam hukum (konvensi) internasional. Misalnya, konvensi-konvensi yang berkenaan dengan kejahatan yang berdimensi internasional atau kejahatan transional, seperti misalnya kejahatan penerbangan, narkotika, genocide, dan lain-lainnya yang telah dirumuskan di dalam konvensi-konvensi internasional, materinya itu dijadikan sebagai acuan dalam mengatur masalah yang sama di dalam hukum atau undang-undang nasional Negara-negara.

Uraian di atas ini, baru menampakkan satu sisi dan hubungan saling membutuhkan antara kedua bidang hukum tersebut, yakni sisi di mana hukum nasional yang membutuhkan hukum internasional. Sebaliknya, apa yang diuruaikan di atas, menunjukkan pula adanya sisi lain yaitu hukum internasional juga membutuhkan hukum nasional.

 
Leave a comment

Posted by on November 12, 2010 in international

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: